Home / RESEP AYAM / Resep sate ayam dan rahasia bumbu sate ayam pedagang kaki lima

Resep sate ayam dan rahasia bumbu sate ayam pedagang kaki lima

Resep sate ayam. Apa sih rahasia bumbu sate ayam. Yuk belajar cara bikin sate ayam dengan bumbu kacang komplit. Resep masakan tradisional yang masih tetap bertahan hingga sekarang adalah sate ayam. Sate ayam menjadi menu jualan pedagang kaki lima paling laris saat ini. Masakan sate ayam paling terkenal saat ini adalah sate ayam madura, sate ayam ponorogo, dan sate padang yang mempunyai ciri khas bumbu sate masing masing. Cara membuat sate ayam sebenarnya cukup mudah dan bahan bumbu sate juga gampang di cari. Namun tentunya ada rahasia tersendiri cara membuat sate ayam yang enak dan lezat.

Rahasia kelezatan sate ayam sebenarnya terletak pada bumbu sate yang komplit. Untuk saat ini ada beberapa aneka resep bumbu sate ayam yakni sate ayam bumbu kacang dan sate ayam bumbu kecap. Nah bagi pedagang sate biasanya memilih resep sate ayam bumbu kecap. Sebab bahan bahan bumbu yang digunakan lebih komplit. Dan dari segi cita rasa juga lebih enak dan lezat. Meskipun demikian ternyata ada beberapa hal yang perlu anda pelajari untuk dapat membuat sate ayam sederhana yang enak. Sebab bukan hanya pandai membuat bumbu sate, namun juga mesti mahir dalam memotong daging ayam.

Sebagaimana diketahui bahwa daging ayam mempunyai sifat banyak air. Sehingga jika belum mahir cara memotongnya maka akan menghasilkan beberapa tusuk sate ayam saja. Dengan demikian tentu ada trik tersendiri bagaimana cara memotong daging ayam untuk tusukan sate. Cara pilih ayam untuk sate juga mesti benar. Sehingga jika anda berencana akan membuat sate ayam, maka saya sarankan untuk memilih daging ayam gemuk. Daging ayam untuk bahan sate bisa dengan ayam kampung atau bisa juga dengan ayam potong, yang penting banyak dagingnya. Hal ini cukup penting supaya nantinya anda lebih mudah memotong motong daging ayamnya.

Resep cara membuat sate ayam bumbu kacang bisa anda pelajari di sini. Namun sebelumnya siapkan dahulu bahan bahan dan peralatan untuk membuat sate ayam enak bumbu kacang. Salah satunya yang cukup penting adalah pisau yang cukup tajam. Penggunaan pisau tajam cukup penting untuk potong potong daging ayam supaya tidak hancur. Disamping itu perlu belanja bumbu sate di pasar tradisional, seperti bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, dan bumbu dapur lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk pelajari resep sate ayam sederhana enak berikut.

Sate ayam banyak di jual oleh pedagang kaki lima yang berjualan pada sore hari. Biasanya cukup mudah di temukan di pinggir jalan yang ramai. meskipun kadang kala ada juga pedagang sate yang keliling. Kuliner asli sate ayam biasanya di konsumsi dengan lontong bulat yang dibungkus daun pisang. Namun bisa juga dikonsumsi dengan nasi putih hangat. Sate ayam lebih digemari dan disukai oleh anak anak hingga para orang tua. Dengan demikian jika anda lagi bingung mau dagang apa. Tidak ada salahnya untuk mencoba dagang sate ayam.

Resep sate ayam bumbu kacang

Resep sate ayam

Loading...

Resep ayam sate bumbu kacang paling terkenal saat ini adalah sate ayam madura. Rahasia sate ayam madura yang enak terletak pada penggunaan bumbu kacang campur kecap manis yang pas. Untuk memperludah kerja anda sebaiknya gunakan ayam fillet ( daging ayam tanpa tulang ) yang sekarang banyak di jual di toko swalayan. Sate merupakan kuliner tradisional yang memerlukan pembakaran. Dengan demikian untuk mendapatkan cita rasa sate ayam asli, tentunya pematangannya mesti dibakar dengan bantuan bara api ( dari arang batok kelapa ). Untuk itu siapkan juga sarana untuk bakar bakar. Nah anda sudah siap, yuk tulis rahasia resep sate khas madura.

Bahan bahan sate ayam bumbu kacang

  • Daging ayam fillet : 1 kg
  • Jeruk nipis : 2 butir
  • Tusukan sate : secukupnya
  • Arang : untuk pembakaran secukupnya.

Bahan bumbu halus sate ayam

  • Bawang putih : ± 6 siung
  • Bawang merah : ± 5 buah
  • Kacang tanah : ± 250 gram
  • Kemiri : ± 3 hingga 4 butir
  • Gula merah : secukupnya
  • Garam : secukupnya
  • Kecap manis : satu botol kecil
  • Air kaldu : ± 200 ml
  • Minyak sayur : secukupnya untuk tumisan

Cara membuat sate ayam bumbu kacang pedagang kaki lima

  1. Potong potong dadu daging ayam dengan ukuran sekitar 1 cm atau sesuai selera anda. Kemudian ambil beberapa buah dan tusuk dengan tusukan sate.
  2. Goreng kacang tanah dengan sedikit minyak, lantas buang kulitnya. Kemudian haluskan kacang atanah goreng tadi.
  3. Ambil cobek, dan haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri dan garam secukupnya. Setelah bumbu halus tambahkan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi. Uleg terus hingga bercampur rata.
  4. Kemudian tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sayur. Lantas tambahkan air kaldu ( kalau nggak ada bisa dengan air bersih biasa ). Terus aduk aduk hingga bumbu halus mengental. Angkat dan tempatkan dalam wadah.
  5. Selanjutnya Ambil piring ceper dan tambahkan sekitar 2 hingga 3 sendok bumbu kacang dan sekitar 2 sendok kecap manis. tambahkan juga sedikit air jeruk nipis. Aduk aduk hingga merata.
  6. Ambil daging ayam tusuk secukupnya, dan celupkan pada bumbu. Bolak balik hingga merata dan meresap bumbunya.
  7. Lantas bakar hingga matang.
  8. Untuk mendapatkan cita rasa sate ayam pedas, tentunya mesti ditambahkan sambal sate. Bahan bahannya 10 buah cabe rawit merah, 4 siung abawang putih, dan sedikit garam dapur. Lantas haluskan.

Saran penyajian
>> Ambil beberapa sendok bumbu kacang, tambahkan kecap manis secukupnya, dan juga sambal sate ( sesuaikan ). Aduk aduk dan masukkan beberapa potong sate ayam.
>> Bisa ditambahkan beberapa potong bawang merah iris tebal dan juga bawang goreng
>> Tambahkan satu piring nasi putih hangat atau lontong

Sate ayam menjadi salah satu resep kaki lima yang masih cukup banyak konsumennya hingga sekarang.

Loading...