Breaking News

Rahasia cara menggoreng singkong biar empuk merekah

Bagaimana cara menggoreng singkong, sehingga menjadi singkong goreng yang empuk merekah dan tidak keras atau kacel. Ada cukup banyak kreasi kreasi cara membuat singkong goreng renyah. Seperti menggunakan air es, atau ada juga yang direbus dahulu.

Apa sih rahasia cara membuat jajanan tradisional singkong goreng ini menjadi enak dan empuk. Pada hakekatnya singkong kualitas bagus akan terlihat saat masih mentah. Sehingga ada tips khusus cara memilih dan membeli singkong. Sebab dengan cara apapun, jika singkong kualitas jelek, maka saat matang akan terasa kurang enak dan keras.

Tips dan trik cara memilih singkong di pasar

Tidak sembarang membeli singkong, sebab banyak kualitas singkong di pasaran. Bahkan jika kemaren singkong kualitas bagus dan empuk saat di masak. Maka pada hari ini bisa berubah menjadi singkong yang tidak enak. Dengan demikian cobalah belajar kembali cara memilih dan membeli singkong.

Meskipun terlihat sepele, namun seringkali kecolongan saat membeli singkong di pasar atau pada penjual singkong keliling. Pada hakekatnya bunda mesti paham sifat singkong itu sendiri. Banyak hal yang membuat bahan jajanan murah meriah ini menjadi makanan yang kurang enak.

Untuk itu ada baiknya teliti kembali dalam hal membeli maupun memilih singkong. Sebab meskipun dari kulitnya terlihat bagus, namun bisa saja kualitasnya jelek. Jika salah pilih, maka makanan anda menjadi kurang enak dan bahkan tidak empuk.

Ciri ciri singkong empuk kualitas terbaik

Kulit luarnya sedikit terkelupas
Tanah yang menempel masih terlihat basah
Saat di kupas kulit luar gampang terkelupas
Daging singkong terlihat putih bersih dan tidak ada warna kebiruan / ungu
Setelah singkong di kupas masih terasa basah

pelajari juga cara membuat kue lapis surabaya

Ciri khas singkong kualitas jelek atau tidak enak

⇒Tampilannya keras dan kering
⇒Bagian ujungnya berwarna kebiruan atau sedikit ungu
⇒Saat dikupas keras karena kulitnya menempel kuat pada dagingnya.

Seperti disebutkan di atas, bahwa banyak hal yang mempengaruhi kualitas singkong. Sehingga meskipun pada awalnya merupakan bibit singkong yang bagus, namun jika salah cara menanam singkong, maka hasilnya tidak maksimal. Seperti daging singkong keras dan rasanya kurang enak. Beberapa hal yang mempengaruhii kualitas singkong, seperti :

Tempat tanam singkong tanahnya keras berbatu
Saat tumbuh, daun singkong sering kali di petik
Pertumbuhan batang singkong kurang baik pada tanah basah
Saat panen melebihi waktu terbaik ( sekitar 7 bulan ) atau bahkan umur tanaman singkong masih sangat muda ( kurang dari 5 bulan )

Dengan demikian kualitas singkong bisa dipengaruhi semenjak masih di tanam. Sehingga jika tempat tanam bagus yakni tanah yang digemburkan dan tidak terlalu basah. Maka hasilnya akan memiliki kualitas terbaik. Meskipun demikian kualitas singkong terus menurun seiring dengan semenjak di cabut.

Sehingga daging singkong terbaik adalah sesaat setelah di cabut. Namun setelah lewat dua hari, maka kualitas singkong berangsur menurun. Hal ini ditandai dengan warna daging singkong yang ke biru biruan dan akhirnya membusuk.

cara menggoreng singkong

Cara menggoreng singkong agar empuk merekah

  • Sediakan singkong kualitas bagus sekitar 1 kg
  • Bawang putih cukup 3 siung
  • garam sekitar 1 sendok teh
  • Royco kira kira 1 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • Air bersih sekitar 1 liter untuk rendaman

Ada baiknya mencoba Resep keju mozarella mulur goreng

Langkah langkah membuat singkong goreng empuk

  1. Kupas singkong dan potong potong sesuai selera
  2. Lantas rebus tanpa bumbu apapun, tunggu hingga singkong matang sempurna
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan
  4. Siapkan air sekitar 1 liter dalam wadah yang cukup.
  5. Lantas masukkan bumbu ( garam putih halus, garam, dan royco ), aduk hingga merata.
  6. Masukkan singkong, usahakan semua terendam, tunggu hingga sekitar 15 menit
  7. Lalu goreng dengan minyak panas api sedang.
  8. Setelah merekah angkat dan hidangkan

Cukup sekian tutorial cara membuat kue tradisional dengan bahan utama singkong. Ada cukup banyak makanan dari singkong yang bisa bunda buat untuk hidangan rumahan sore hari, seperti : nasi tiwul, singkong goreng keju, jemblem, combro, keripik singkong, dan masih banyak lagi. Mau mencoba?, silahkan berkunjung ke resep kue