Home - RESEP KUE - Cara membuat kue wingko babat panggang

Cara membuat kue wingko babat panggang

Salam bunda. yuk belajar resep membuat kue tradisional indonesia yakni cara membuat kue wingko babat yang enak dengan tektur lembut dengan cara di panggang. Yuk belajar tahap demi tahap resep cara bikin kue wingko babat yang enak. Sebenarnya dengan di oven juga bisa, namun seperti kita semua tahu, tidak semua bunda bunda cantik mempunyai oven, maaf lho. Di samping itu wingko babat panggang lebih enak dari pada wingko babat oven. Saat ini cukup banyak resep wingko babat, seperti wingko babat madiun, wingko babat semarang, wingko babat lamongan, dan resep wingko babat lainnya. kali ini admin akan menunjukkan resep wingko babat asli yang menggunakan bahan bahan alami sederhana dan mudah di temukan, yakni tepung beras, kelapa parut dan lainnya.

Resep kue wingko babat panggang asli hanya menggunakan bahan bahan alami dan murah harganya, berikut cara membuat kue tradisional wingko babat selengkapnya. Ikuti tahapan tahapan secara urut tentunya sangat bagus untuk tahap belajar. Nah setelah bunda bunda cantik mahir, tentunya dapat membuat wingko babat yang lebih spesial, seperti wingko babat isi nangka, wingko babat isi durian, wingko babat isi coklat, dan wingko babat isi lainnya. Dengan demikian bunda nantinya bisa membuat kue wingko babat spesial. Seperti halnya jajanan wingko babat asli semarang ini dan banyak ditemukan disepanjang pesisir pantai utara jawa, tidak demikian dengan kue bugis bisa ditemukan diberbagai kota di Indonesia, sehingga tidak jelas asal resepnya.

Cara membuat wingko babat panggang cukup mudah dan simple, seperti saat bunda membuat kue cucur. Saat memanggang bunda bisa menggunakan alat panggang khusus ( grill ) atau dengan cara tradisional yakni dengan arang. Namun tentunya lebih praktis dengan kompor gas, selain lebih mudah juga lebih bersih. Soal alat panggangnya mungkin bunda lebih pahamlah.

Resep cara buat kue wingko babat ini cukup praktis dan waktu buatnya hanya membutuhkan waktu hanya sebentar. Kue tradisional wingko babat laris manis untuk oleh oleh. Meskipun bunda dan remaja putri sekalian belum mahir dalam soal membuat kue tradisional, tentunya dengan mempelajari resep wingko babat yang saya tulis secara jelas dan lengkap, tentu akan lebih mudah memahami dan mulai belajar membuatnya.

Nah sebelum memulai belajar cara bikin kue wingko babat, yuk kita siapkan peralatan dan bahan bahan untuk bikin wingko babat panggang, sehingga nantinya lebih cepat dan tidak memerlukan waktu lama. Peralatan yang digunakan untuk membuat kue wingko babat tidak banyak kok, hanya wadah untuk adonan dan peralatan panggang aja.

kue wingko babat

Loading...

jadi saat bahan bahannya telah siap langsung bisa membuatnya. Oh ya untuk cetakannya, bunda bisa menggunakan cetakan kue lainnya, cetakan kue cubit juga bisa digunakan, justru malah lebh mudah menggunakannya. Atau bisa juga dengan loyang, namun proses memasaknya dengan oven. Atau bisa juga menggunakan cetakan kue lumpur. Inilah resep asli cara membuat kue jajanan wingko babat secara komplit.

Bahan bahan untuk buat jajanan kue wingko babat asli
⇒Sediakan tepung beras ketan putih ± 250 gram, pilihlah tepung ketan yang masih fresh, bunda bisa membelinya di warung atau super market juga ada. Belajar juga cara memasak ketan
⇒Pilih kelapa setengah tua dan parut serong, sediakan paling tidak sekitar 500 gram atau ½ kg. Ciri kelapa setengah tua, dagingnya lembek dan belum keras, jika menggunakan kelapa tua, maka cita rasanya kurang enak.
⇒Nah kalau untuk santannya, gunakan kelapa tua 1 butir dan buat santan kental sekitar 250 ml atau 1 gelas lebih.
⇒Untuk aromanya dapat menggunakan daun pandan 4 lembar atau bisa juga dengan vanili sekitar 1 sendok teh.
⇒Ada baiknya juga menggunakan telur ayam 2 butir ukuran sedang.
⇒Untuk pemanisnya, baik gunakan gula pasir 250 gram, bisa juga disesuaikan dengan selera buntik.
⇒Garam halus bisa bunda tambahkan, cukup ½ sendok teh saja.
⇒Untuk olesan cetakan, gunakan margarin atau minyak goreng.

Itulah bahan bahan yang mesti bunda persiapkan yang digunakan untuk pembuatan kue wingko babat panggang asli Semarang. Untuk cita rasa spesial bunda bisa lho menambahkan nangka atau durian pada adonannya biar lebih mantap.

Tahapan cara membuat kue wingko babat panggang
⇔Agar wingko babat bunda bertahan lama, ada baiknya rebus dahulu santan kentalnya, namun hati hati jangan sampai santannya pecah saat mendidih.
⇔Kukus juga kelapa parut hingga matang sebelum digunakan.
⇔Kocok telur di wadah secukupnya.
⇔Ambil wadah yang lain dan campurkan tepung ketan, kelapa parut, vanili, dan gula pasir, kemudian aduk aduk hingga bercampur rata.
⇔Selanjutnya masukkan telur kocok dan uleni ( aduk aduk ) sebentar.
⇔Langkah terakhir masukkan santan kental. Jangan langsung dimasukkan semua, cukup sedikit demi sedikit sambil di uleni, hingga menghasilkan adonan yang lembut dan tidak encer.

Kue wingko babat merupakan salah satu aneka kue jajanan pasar yang dimatangkan dengan cara di panggang. Bunda ada dua pilihan yakni dengan menggunakan oven atau bisa juga dengan bara. Cara memanggang kue wingko babat ini tidak sulit ya. Berikut petunjuk cara memanggang kue wingko babat

Petunjuk cara memanggang kue wingko babat dengan oven
1. Panaskan dahulu oven di atas kompor atau bisa juga dengan oven yang menggunakan listrik.
2. Olesi loyang dengan margarin atau minyak goreng sedikit aja.
3. Masukkan adonan wingko babat secukupnya.
4. Masukkan dalam oven dengan suhu sekitar 150ºc hingga setengah matang ( baru matang ).
5. Potong potong dahulu sebelum di panggang
6. Langkah terakhir panggang hingga warnanya sedikit kecoklatan.

Petunjuk cara memanggang kue wingko babat dengan cetakan
1. Kalau bunda tidak punya oven, bisa juga dengan cetakan kue dan olesi dahulu dengan minyak doreng atau margarin.
2. Nyalakan kompor dengan api sedang.
3. Taruh adonan secukupnya dan tutup.
4. Panggang hingga matang ( jangan ditinggal ya ).
5. Bolak balik dengan sutil.
6. Angkat dan sajikan.

Bagaimana bunda cantik dan remaja putri semua, mudah bukan cara membuat kue wingko babat ini, tidak ada yang sulit ternyata jika kita mau belajar. Untuk waktu libur berikutnya, yuk belajar cara membuat kue kacang yang sering menghiasi saat musim lebaran.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!