Home - RESEP AYAM - Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali

Resep Cara Membuat Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali

Bubur Mengguh merupakan makanan sarapan khas daerah Buleleng di bali. Resep Bubur Mengguh termasuk dalam resep masakan tradisional Indonesia yang cukup terkenal dan digemari oleh para turis yang sedang mengunjungi daerah objek wisata di bali. Cara membuat Bubur Mengguh cukup mudah dan caranya juga sederhana. Jadi jika anda ingin mencoba kelezatan masakan khas bali yakni Bubur Mengguh tidak perlu harus pergi ke sana, namun bisa membuatnya sendiri.

Berikut cara membuat Bubur Mengguh asli dengan bahan bahan alami yang bukan saja mudah dibeli di pasar, namun juga harganya cukup murah. Bubur Mengguh asli menggunakan bahan utama beras dengan kualitas bagus, jika dengan beras perak kurang enak rasanya, jadi gunakan beras yang pulen. Bubur Mengguh biasanya dimakan bersama sama dengan urap sayur yang disajikan terpisah.

Rasa Bubur Mengguh memiliki keunikan tersendiri sebagai bubur tradisional khas bali yakni gurih berkat menggunakan santan kelapa. Bubur Mengguh ini juga dinamakan sebagai bubuh mengguh yang tampilannya hampir sama dengan bubur ayam di daerah jawa. Jika ada perbedaan hanya pada tambahan urap sayur saja. Sehingga cara pembuatan Bubur Mengguh ini juga terbilang mudah.

Seperti diketahui bahwa di bali juga dikenal beberapa resep bubur yang memiliki cita rasa manis sebagai jajanan khas daerah yang sejenis dengan bubur ketan hitam, dan di sana ada juga bubur sumsum khas bali. Bagi bunda dan remaja putri sekalian tentunya tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuat masakan khas bali khususnya Bubur Mengguh yang banyak di jual oleh pedagang kaki lima di daerah objek wisata bali.

Bagi masyarakat pulau dewata tersebut kehadiran Bubur Mengguh menjadi cukup penting, sebab bubur tradisional masyarakat bali ni juga menjadi menu wajib saat ada acara acara tradisional atau saat upacara adat, sehingga pengetahuan dalam membuat Bubur Mengguh merupakan syarat wajib bagi masyarakat bali terutama di pelosok pelosok kampung.

Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali

Resep Bubur Mengguh

Meskipun Bubur Mengguh merupakan makanan atau masakan khas orang bali, namun juga termasuk dalam resep tradisional yang mestinya juga diketahui oleh masyarakat di luar pulau bali karena termasuk dalam jajaran resep masakan indonesia yang mesti dijaga dengan baik sehingga tidak tergeser oleh resep masakan modern maupun resep resep dari dunia luar. Nah untuk membantu melestarikan resep Bubur Mengguh, yuk belajar membuat masakan Bubur Mengguh asli, seperti berikut

Bahan bahan bubur mengguh

  • Beras kualitas bagus : 300 gram, cuci hingga bersih dan tiriskan.
  • Santan kental : sekitar 500 ml atau setengah liter
  • Daging ayam : secukupnya.
  • Kacang panjang : satu ikat, potong potong panjang sekitar 2 cm dan rebus hingga setengah matang.
  • Abon ayam : satu bungkus atau sekitar 100 gram.
  • Kacang tanah : 100 gram, goreng dengan sedikit minyak goreng, jangan sampai hangus.
  • Daun salam : 3 lembar.
  • Lengkuas : 1 kerat ukuran 2 cm, dan memarkan.
  • Air bersih : secukupnya ( sekitar 2 liter ).
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • Bawang putih : 3 siung.
  • Bawang merah : 4 buah
  • Cabai merah keriting : 3 buah atau secukupnya
  • Kunyit bubuk : sekitar 2 sendok teh.
  • Kemiri : 3 butir.
  • ketumbar : 1 sendok teh
  • Garam : 1 sendok makan
  • Merica bubuk : 1/4 sendok teh

Cara membuat bubur mengguh

  1. Pertama uleg atau haluskan bumbu halus dengan cobek atau bisa juga dengan menggunakan blender.
  2. Selanjutnya tumis dengan sedikit minyak goreng dan dengan api kecil saja. Aduk aduk secara perlahan hingga matang dan bau harum. Tambahkan lengkuas geprek dan juga daun salam. Aduk aduk sebentar.
  3. Lantas masukkan daging ayam, aduk aduk hingga bumbu menyatu dengan daging ayam.
  4. Tambahkan air bersih secukupnya, gunakan api sedang dan tunggu hingga daging ayam matang.
  5. Kemudian angkat daging ayam dan tiriskan, sementara biarkan dahulu kuahnya. Setelah cukup dingin suwir suwir daging ayam.
  6. Sekarang masukkan beras yang telah dicuci bersih ke dalam air rebusan tadi, jangan lupa sesuaikan jumlah air rebusan dengan beras untuk bubur. Aduk aduk terus hingga beras lunak.
  7. Tambahkan santan kental, daun salam, dan garam secukupnya. Aduk aduk hingga menjadi bubur yang lembut.

Sekarang ambil mangkuk saji dan masukkan bubur secukupnya serta tambahkan kacang panjang rebus, ayam suwir, abon ayam, serta kacang tanah goreng. Pelajari juga cara membuat bubur ayam spesial.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *