Home - RESEP NASI - Resep betawi cara membuat nasi kebuli asli

Resep betawi cara membuat nasi kebuli asli

Nasi kebuli merupakan resep asli masyarakat betawi seperti halnya nasi uduk yang juga masakan khas betawi. Resep nasi kebuli asli sangat terkenal dilingkungan keluarga keturunan arab yang menetap di betawi. Yuk ikuti bagaimana cara membuat nasi kebuli lengkap khas betawi yang enak. Seperti diketahui bahwa nasi kebuli asli menggunakan bahan campuran daging kambing. Namun saat ini ada juga resep nasi kebuli ayam ataupun resep nasi kebuli daging sapi. Bagi yang lanjut usia tentunya lebih pas dengan nasi kebuli ayam.

Kota Betawi cukup banyak memiliki resep masakan tradisional yang cukup terkenal, selain kedua resep nasi khas betawi ada juga soto ayam kuah santan yang enak dan lezat. Pada saat ini nasi kebuli kambing banyak ditemukan direstoran restoran atau tempat makan yang dikelola oleh warga arab keturunan. Hal yang cukup wajar sebab menurut sejarahnya resep nasi kebuli ini dibawa oleh warga keturunan timur tengah. Harga satu porsi nasi kebuli asli di restoran arab bervariasi dari 50 ribu hingga 150 ribu perporsi.

Resep nasi kebuli asli khas arab ini dicampur dengan potongan daging kambing. Menurut para orang tua bahwa resep nasi kebuli kambing asli berasal dari arab dan dibawa ke indonesia oleh orang orang arab yang menetap di betawi. Karena kelezatan cita rasa nasi kebuli khas arab inilah, maka saat ini menjadi masakan asli masyarakat betawi, karena ternyata cita rasanya cocok dengan lidah warga betawi,

Nah karena cukup banyak warga betawi tidak makan kambing karena terbentur masalah kesehatan, maka di buatlah resep nasi kebuli ayam, sebenarnya resep nasi kebuli kambing dan resep nasi kebuli ayam sama, hanya berbeda bahan tambahannya saja yakni kambing di ganti dengan ayam. Masakan khas betawi lainnya yang juga cukup terkenal seperti halnya soto daging kuah santan khas betawi.

Bagi yang belum pernah mencoba merasakan enaknya masakan nasi kebuli kambing atau ayam, bisa datang langsung ke beberapa lokasi di jakarta, seperti : rumah makan Layla di jakarta selatan, tepatnya di Jalan Kampung Melayu Besar Nomor 70 di sebelah Masjid At-Tahiriyah, Jakarta Selatan. Atau bagi anda yang berada di daerah condet bisa mendatangi rumah makan Puas yang beralamat di Jalan Condet Raya Nomor 78, Condet, Jakarta Timur. Rumah Makan Puas juga membuka beberapa cabang restoran nasi kebuli, seperti di Jalan Lapangan Bola Nomor 5 di belakang kantor RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat; serta di Jalan Raya Jati Waringin Nomor 7 di depan Waringin Permai, Jakarta Timur.

Kelezatan resep masakan nasi kebuli sudah tidak diragukan lagi, itulah sebabnya masyarakat betawi juga sangat menyukai masakan khas arab ini. Maka jadilah nasi kebuli menjadi masakan khas masyarakat betawi juga. Pelajari juga resep nasi kuning komplit.

nasi kebuli asli

Loading...

Kedua rumah makan nasi kebuli di atas yakni RM Layla dan RM Puas dikelola langsung oleh warga arab keturunan, sehingga soal rasa tentu tidak diragukan lagi. Bahkan mereka mendatangkan langsung bahan bahan bumbu dari timur tengah seperti kapulaga yang di impor dari Guatemala.

Nah bagi bunda, bro, atau siapa saja yang ingin merasakan kelezatan nasi kebuli, namun tidak sempat pergi kerumah makan kebuli di atas, bisa kok membuatnya sendiri. Asal mau belajar tentu tidak sulit membuat nasi kebuli. Cara memasak nasi kebuli juga tidak rumit dan ribet, bahkan hampir sama dengan masakan indonesia lainnya.

Namun demikian karena nasi kebuli mengguakan bahan daging kambing, tentunya mempunyai cara tersendiri supaya dagingnya empuk dengan bumbu meresap. Inilah resep masakan indonesia cara membuat nasi kebuli asli daerah betawi dengan bumbu masakan tradisional.

Resep nasi kebuli asli

Bahan bahan resep nasi kebuli kambing

  • Sebagai langkah awal ada baiknya membuat nasi kebuli kambing ini secukupnya saja, sediakan paling tidak ½ liter beras. Untuk hasil yang bagus sebaiknya gunakan beras yang tidak pulen.
  • Gunakan daging kambing sekitar 3 ons.
  • Sediakan juga susu kambing sekitar setengah gelas.

Bumbu resep nasi kebuli kambing

  • Ambil dan kupas bawang putih sebanyak 3 atau 4 siung ukuran sedang.
  • Gunakan juga bawang bombay cukup 1 buah saja, jika tidak ada dapat diganti dengan sekitar 5 hingga 6 butir bawang merah.
  • Ambil juga cengkeh sekitar 3 butir.
  • Juga ketumbar sebanyak 1 sendok makan.
  • Jangan lupa sediakan juga lada hitam sekitar ¼ sendok teh.
  • Jintan paling tidak ½ sendok teh.
  • Sediakan juga kayu manis, cukup gunakan dua ruas jari telunjuk atau sekitar 3 cm dan potong jadi 2.
  • Kapulaga jangan sampai ketinggalan, cukup sediakan sekitar 4 buah.
  • Ada baiknya sediakan pala bubuk, ambil sekitar ½ sendok teh.
  • Dan terakhir minyak samin secukupnya untuk menumis.

Cara membuat masakan nasi kebuli kambing

  • Pisahkan daging kambing dari lemaknya, kemudian rebus hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. Bekas air rebusan daging kambing jangan dibuang dahulu.
  • Kemudian potong potong daging kambing sesuai selera
  • Sekarang membuat nasi aron. Saat merebus beras paling baik menggunakan air bekas rebusan daging kambing tadi, jika kurang dapat ditambahkan susu kambing atau bisa juga dengan santan kental.
  • Sementara haluskan bumbu seperti, bawang putih, bawang bombay, lada hitam, ketumbar, jintan , pala bubuk, dan sedikit garam, setelah halus siulahkan tumis dengan sedikit minyak samin, aduk aduk hingga matang dan harum.
  • Kemudian masukkan daging kambing, cengkeh, kapulaga, dan kayu manis, aduk aduk hingga merata terutama daging kambingnya.
  • Untuk memastikan rasa sesuai dengan selera ada baiknya coba cicipi dikit, tambahkan garam jika diperlukan.
  • Lantas masukkan nasi aron, aduk aduk hingga benar benar bercampur sempurna.
  • Terakhir kukus hingga matang sekitar 45 menit.

Nah begitulah resep cara membuat masakan nasi kebuli betawi khas arab. Untuk membuat nasi kebuli ayam, cara membuatnya sama saja, cuma bahan daging kambing di ganti dengan daging ayam. Resep ayam bakar juga cukup nikmat.

Nah ada sedikit tips saat anda membuat masakan nasi kebuli betawi asli. hal yang paling pokok disini adalah cara pengolahan daging kambing. Supaya rasa daging kambing enak dan empuk ada beberapa tips sendiri cara memasaknya.

Pilihlah daging kambing muda dan usia kambing jangan lebh dari enam bulan, jadi kambing tua tidak enak untuk di buat campuran masakan nasi kebuli. Supaya rasa daging kambingnya enak dan manis, maka daging kambing jangan di cuci dan cukup bersihkan dari lemak lemak yang menempel saja.

Kenapa saat makan nasi kebuli timbul rasa mual dan ada perasaan mau muntah. Hal ini disebabkan karena pengolahan dagng kambing tidak benar. Daging kabing yang dibuat untuk campuran nasi kebuli harus benar benar bersih dari kandungan lemak dan lainnya, sehingga murni daging kambing muda. Silahkan belajar masakan yang lain, seperti resep rendang daging enak dan lezat.

loading...

Leave a Reply