Home - RESEP SAYURAN - Petunjuk lengkap cara membuat tempe

Petunjuk lengkap cara membuat tempe

Cara membuat tempe sangat mudah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan petunjuk lengkap tentang cara membuat tempe dari awal hingga jadi tempe dan admin tulis setahap demi setahap untuk memudahkan anda mengikutinya. Dengan mengikuti petunjuknya secara lengkap dan berurutan maka dapat dipastikan tempe anda akan jadi dengan sempurna, putih, bersih, dan tidak berbau asam. Memang sih ada beberapa tahapan dan trik bagaimana cara membuat tempe yang enak, tidak asam, dan putih bersih dengan jamur tempe yang padat.

Meskipun membuat tempe caranya cukup mudah, namun ada sedikit rahasia supaya tempe tidak berasa atau berbau asam. Kunci utama dalam membuat tempe yang bagus adalah air yang anda gunakan dan kualitas ragi tempe. Saat ini sudah banyak di jual ragi tempe di pasar pasar tradisional. Meskipun demikian jika anda tidak mendapatkan ragi tempe, bisa membuatnya sendiri lho.

Cara membuat ragi tempe ada beberapa macam. Namun jika untuk pertama kalinya dalam membuat tempe, tentunya bisa menggunakan ragi tempe yang di jual di pasaran atau dengan cara mengeringkan tempe yang sudah jadi, kemudian di tumbuk hingga halus. Tepung tempe tersebut juga bisa digunakan sebagai ragi tempe.

Saat ini cukup banyak masakan olah dengan bahan utama tempe, salah satunya adalah resep orek tempe yang dengan bumbu sederhana, namun mampu menghadirkan cita rasa yang lumayan enak. Tempe merupakan bahan sayuran yang mempunyai kandungan gizi cukup tinggi. Selain harganya sangat murah juga dapat dengan mudah didapatkan / dibeli. Anda bisa dengan mudah membeli tempe mentah di warung atau di pasar dengan harga murah meriah.

Kandungan nutrisi pada tempe cukup sempurna, tempe kaya akan serat pangan, kaya kalsium, vitamin B, maupun banyak mengandung zat besi. Disamping itu tempe juga mengandung antibiotika dan antioksidan yang dipercaya dapat membantu penyembuhan infeksi dan penyakit degeneratif. Bahkan saat tiba waktu makan, hanya dengan nasi putih, masakan sayur asem, dan orek tempe sudah cukup nikmat. Atau bisa juga dengan nasi putih hangat, masakan orek tempe pedas, dan sayur sop juga sudah lumayan nikmat.

Nah bagi anda yang kebetulan ingin membuat tempe sendiri dan bingung harus mulai dari mana, bisa mengikuti petunjuk cara membuat tempe yang admin sajikan untuk anda. Setelah anda mahir membuat tempe, mengapa tidak mencoba untuk berjualan tempe, sehingga dapat menambah income keluarga. yang penting untuk anda ingat adalah selama tempe buatan anda putih bersih dan tidak bau asam, maka konsumen akan senang dan berlangganan, meskipun harganya sedikit mahal, sebab para bunda bunda jaman sekarang lebih selektif. Nah bagi beberapa wanita yang sudah terbiasa dengan menu pedas bisa di tambahkan satu masakan lagi yakni sambal goreng kentang, hmm sedap mantap.

cara membuat tempe

Loading...

Cara mudah membuat tempe

Sebelum anda masuk dalam pembuatan tempe, ada baiknya mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan, sehingga lebih mudah dan tidak bingung mencari peralatan saat membuatnya. Namun dalam membuat tempe tidak perlu buru buru, cukup melangkah dengan sanatai saja. Asal tahu saja admin mendapatkan pengalaman dalam membuat tempe karena berasal dari keluarga pengrajin tempe, jadi tahu segalanya soal tempe. Untuk tahap permulaan sebaiknya mulai dari sedikit dahulu, misalnya 1 kg kedelai. Baiklah yuk kita mulai!

Bahan utama

  • Kedelai 1 kg.
  • Tepung tapioka sekitar 1 hingga 2 sendok makan.
  • Air bersih.
  • Ragi tempe sekitar 10 gram.

Peralatan

  • Panci untuk rebusan, dandang atau langseng, kompor gas, daun pisang atau plastik, saringan, tampah, dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Tutorial cara membuat tempe

  1. Bersihkan kedelai dari segala kotoran, seperti batu, kerikil, dan batang kedelai.
  2. Rebus kedelai hingga matang dan empuk, kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Ganti air rebusan kedelai dengan air bersih dan lakukan perendaman hingga semalaman.
  4. Selanjutnya tiriskan kedelai yang telah direndam tadi, lantas pecahkan / pisahkan kedelai dengan kulitnya. Cara memisahkannya cukup diremas remas ( jika sedikit ), namun jika jumlahnya banyak ( beberapa kilo ) bisa dengan menggunakan wadah khusus yang terbuat dari bambu ( rinjing ). Masukkan kedelai dan injak injak hingga kulitnya terpisah. Kemudian bilas hingga kedelai benar benar bersih, tiriskan.
  5. Nah sekarang kukus kedelai kupas tadi hingga matang. Angkat dan dinginkan secara alami.
  6. Selanjutnya ratakan pada tampah supaya proses pendinginan lebih cepat. Dalam tahap ini anda harus memastikan bahwa kedelai rebus kupas telah benar benar dingin, dan jangan melangkah ke tahap berikutnya jika belum dingin benar.
  7. Tahap berikutnya, sebarkan 10 gram ragi tempe dan 2 sendok makan tepung tapioka. Anda bisa juga menambahkan kira kira ΒΌ kulit kedelai. Lantas aduk aduk hingga benar benar merata.
  8. Terakhir bungkus dengan daun pisang atau bisa juga dengan kantong plastik tipis ( sebelumnya tusuk tusuk dahulu untuk sirkulasi ).
  9. Sampai disini sudah selesai pembuatan tempe anda.

Proses berkembangnya jamur tempe ( rhizopus ) akan memakan waktu kira kira 2 hari ( 48 jam ). Sehingga tempe buatan anda siap dikonsumsi atau dijual setelah dua hari dari proses pembungkusan. Yang perlu di ingat adalah bungkusan tempe jangan ditumpuk karena proses jamur rhizopus akan tidak sempurna. Baca juga petunjuk cara membuat tape ketan hitam.

loading...

Leave a Reply