Home - RESEP DAGING - Petunjuk lengkap cara membuat bakso daging sapi

Petunjuk lengkap cara membuat bakso daging sapi

Cara membuat bakso. Bakso merupakan jajanan paling favorit saat ini. Inilah petunjuk lengkap dan praktis bagaimana cara membuat bakso daging sapi asli. Saya jamin anda pasti bisa membuat bakso sapi yang enak dan kenyal dengan bahan daging sapi asli tanpa campuran apapun dengan mengikuti tutorial resep cara membuat bakso sapi yang kami tulis secara rinci dari mulai tahap penyiapan hingga bagaimana cara mencetak bakso yang benar. Sehingga setelah beberapa kali mencoba membuat bakso asli ini, maka anda tentunya bisa untuk memulai usaha untuk berjualan bakso.

Seperti diketahui bahwa saat ini cukup banyak jenis bakso, seperti bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso keju, bakso Ikan, bakso tahu, bakso urat, bakso telur, bakso udang, bakso malang, dan jenis bakso lainnya. Namun demikian cara pembuatan aneka macam jenis bakso tersebut tetap sama dan jika ada perbedaan hanya terletak dari campuran bahan bahannya saja. Dengan demikian jika anda sudah mahir dalam pembuatan bakso ini, tentunya juga langsung bisa membuat berbagai macam jenis bakso. Yuk ikuti petunjuk lengkap cara membuat bakso daging sapi.

Sebelum anda membuat bakso tentunya juga harus memperhatikan bahan utama bakso ini yakni daging sapi. Secara umum semua jenis daging sapi bisa dibuat bakso, namun tentunya ada beberapa bagian daging sapi yang sangat baik sebagai bahan utama bakso. Untuk dapat membuat bakso daging sapi yang berkualitas dan lezat tentunya anda harus memilih pada bagian paha daging sapi. Anda bisa memilih daging sapi bagian paha kaki depan maupun paha kaki belakang sama bagusnya. Namun demikian saat membeli daging sapi untuk bakso ada baiknya sekalian beli daging tetelan yang biasanya untuk buat bakso urat.

Untuk tahap pembelajaran tentunya tidak perlu banyak banyak yakni cukup 1 kg daging sapi bagian paha. Untuk saat ini kita sangat dimudahkan dalam hal membuat bakso, sebab bisa langsung digiling di pasar tempat anda membeli daging sapi. Biasanya tempat penggilingan bakso daging sapi ini tidak jauh dari tempat penjualan daging atau anda bisa langsung tanya sama penjual daging, tentu mereka tahu tempat penggilingannya.

Kalau bercerita pada beberapa puluh tahun lalu, saat membuat bakso tidak segampang sekarang, sebab kita harus melunakkan daging sapi sendiri yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Dan cukup banyak kendalanya, sebab jika selisih waktu antara pemotongan sapi dan melunakkan daging sapi lebih dari 2 jam, maka akibatnya pembuatan bakso akan gagal. Namun saat sekarang hal demikian tidak terjadi lagi, sebab kapanpun anda akan membuat bakso sudah pasti jadi.

cara membuat bakso

Anda juga tidak perlu kuatir sebab tempat penggilingan daging sapi untuk pembuatan bakso ini sudah cukup pengalaman. Mereka biasanya menambahkan beberapa batu es untuk proses penggilingan. Dan enaknya operator tempat penggilingan daging ini sudah paham dengan berapa banyak batu es yang harus ditambahkan, sehingga setelah sampai di rumah, maka anda hanya tinggal mencetak bakso saja.

Loading...

Namun demikian ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, sehingga jangan sampai keliru tentang prosedur dalam membuat bakso. Anda mesti paham tahap tahap dalam pembuatan bakso. Sehingga meskipun membuat bakso itu mudah, namun tetap harus memperhatikan langkah langkah membuat bakso secara berurutan, dan jangan sampai tumpang tindih. Mulai dari penyiapan daging sapi hingga sampai pada tahap pencetakan bakso harus benar.

JANGAN LEWATKAN INI
loading...

Nah anda sudah siap untuk membuat bakso sapi yang enak, lezat, dan kenyal dengan bahan bahan asli alami. Yuk sediakan bahan bahan dan bumbunya.

Bahan utama bakso daging sapi

  • Daging sapi : 1 kg. Disarankan pilih daging sapi bagian paha
  • Bumbu bakso sapi
  • Tepung tapioka : 300 gram
  • Bawang putih : 7 siung ukuran besar
  • Garam : 2 sendok makan
  • Telor ayam : 2 butir

Cara bikin bakso daging sapi

  1. Perlu diketahui bahwa anda tidak perlu menggiling daging sapi sendiri saat membuat bakso. Sehingga saat anda berangkat dari rumah hanya membawa bahan bumbu bakso saja, seperti : tepung tapioka, bawang putih, garam, dan telur ayam. Dan sebaiknya anda pergi ke pasar pagi pagi sekali untuk membeli daging sapi dan sekalian digiling di sana.
  2. Pergi ke tempat penggilingan daging
  3. Ambil wadah plastik  dan tempatkan daging sapi dan semua bumbunya di sana, jangan lupa pecahkan dahulu telornya. Lantas antri menunggu giliran karena di sana juga cukup banyak para penjual bakso yang akan menggiling daging.
  4. Setelah selesai menggiling daging, maka segeralah pulang dan melakukan pencetakan bakso.
  5. Saya anggap sekarang anda telah sampai di rumah.
  6. Ambil panci cukup besar dan isi dengan sekitar ¾ panci, kemudian rebus hingga mendidih, lantas angkat.
  7. Tempatkan dahulu daging giling dalam wadah dan cukup.
  8. Sekarang ambil sedikit daging giling dan tangan lainnya memegang sendok ( lihat gambar di atas ).
  9. Kemudian bulatkan dan ambil dengan sendok, kemudian masukkan dalam air panas.
  10. Jika panci telah penuh, silahkan ambil panci lainnya dan isi lagi dengan air panas.
  11. Ulangi hingga semua daging giling habis.
  12. Nah sekarang proses pematangan. Rebus kembali panci yang berisi bakso tadi hingga mendidih dan semua bakso mengambang. Bakso yang mengambang tadi menjadi tanda kalau bakso anda telah matang.

Pada tahap berikutnya, yuk mencoba membuat kuah bakso yang enak dan sedap. Siapkan dahulu bumbu bumbu kuah bakso yang diperlukan.

Bumbu kuah bakso

  • Bawang putih : 10 siung ukuran besar
  • Garam : ± 2 sendok makan
  • Merica bubuk : ± ½ sendok teh
  • Penyedap rasa : secukupnya
  • Air bersih : ± 2 liter
  • Tetelan : ± ¼ kg
  • Tulang kaki sapi : 1 buah
  • Daun bawang : 3 lembar, potong potong sekitar 1 cm

Cara buat kuah bakso

  1. Rebus air dalam panci yang cukup besarnya
  2. Masukkan tetelan dan tulang sapi dan rebus hingga mendidih
  3. Uleg ( haluskan ) 7 bawang putih dan garam, kemudian masukkan dalam air rebusan.
  4. Sementara 3 bawang putih sisanya iris tipis tipis dan goreng
  5. Masukkan juga merica bubuk, aduk aduk dan cicipi, untuk menyempurnakan tambahkan penyedap rasa atau ganti dengan royco secukupnya.
  6. Setelah cita rasa kuah bakso sesuai tambahkan daun bawang, tungu hingga mendidih beberapa saat, kemudian tambah dengan bawang goreng sambil remas.
  7. Belajar juga resep udang goreng tepung renyah

Saran penyajan

Bahan pelengkap

  • Bawang goreng
  • Daun seledri iris tipis tipis
  • Kecap manis
  • Saos sambal

Sajikan dengan mangkok, tambahkan beberapa butir bakso, daun seledri secukupnya dan bawang goreng, tambah kuah secukupnya, kecap manis dan saos. BAKSO termasuk dalam resep masakan indonesia yang paling banyak diminati saat ini. Daging bukan saja enak untuk bakso, namun juga bisa untuk masakan enak lainnya, bahkan jika bunda mempunyai daging sapi campur cukup lezat lho di buat masakan rawon, pelajari selengkapnya tentang resep rawon daging

Leave a Reply